berita

Source: http://www.amronbadriza.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2HGOAa7ZG

Senin, 23 April 2012

Anarkisme Gerakan Moral : Menguak Fakta Tanpa Klaim Kebenaran

“Usul ditolak tanpa ditimbang suara dibungkam kritik dilarang tanpa alasan dituduh subversif dan mengganggu keamanan maka hanya ada satu kata: lawan!”. …

Sepertinya sangat kontradiksi memang bila berbicara dalam perspektif gerakan moral dan anarkisme. Anarkisme yang diidentifikasikan dengan unsur ke negatifannya (atau dengan suatu pinsip yang berhubungan dengan hal-hal yang bernuansa destruktif, chaotic, dan ketidakteraturan atau disorder) membuat semua orang takut akan segala dampaknya. Bahkan anarkisme diposisikan berseberangan dengan demokrasi. Padahal kita tidak tahu secara pasti apa yang disebut dengan paham anarkisme itu. Baik dalam perspektif ideologi maupun sejarahnya.


Kurangnya pemahaman mahasiswa dan masyarakat umum secara mendalam akan anarkisme memang membuat kita salah arah dan membuat kedangkalan akan pemahaman bertambah sehingga tidak salah jika banyak orang memakai dengan sangat lentur anarkisme itu. Diberbagai ruang publik baik itu media seperti talkshow, seminar dan diskusi bahkan obrolan ngalor ngidul bahwa bentuk-bentuk destruktif, merusak, menghancurkan, membakar, tanpa tujuan dan arahan yang jelas seperti amuk massa dengan segera dan semena-mena dikategorikan dengan tindakan anarkis. Keadaaan diatas memang menambah kerancuan anarkisme sebagai tradisi pemikiran-pemikiran filsafat dan politik.

Yang semakin parah lagi kontroversi yang terjadi akan anarkisme tidak dijadikan rujukan pemikiran dan tindakan tindakan praktis dalam tradisi filsafat dan politik. Dalam tradisi politik, anarkisme merupakan cara pandang politik revolusioner yang menyimpan sederet perbedaan karakter dan bentuk dari filsafat dan strategi politik. Tetapi segala perbedaan tersebut justru bisa disatukan dalam bentuk prinsip penolakan dan kritik fundamental terhadap otoritas politik dan seluruh bentuk-bentuknya. Seperti halnya reformasi hanya menyenangkan bukan membebaskan orang-orang yang terlibat didalamnya.

Gerakan mahasiswa terkini cenderung kesulitan mengelola isu besar yang bersangkutan langsung dengan kehidupan rakyat. Dan mahasiswa pun kesulitan mengajak rakyat langsung terlibat dalam aksinya. Kondisi seperti ini sangat berbeda dengan masa reformasi 98, ketika mahasiswa menjadi penerus apa yang terpendam di masyarakat kebanyakan. Oleh karena itu menurut sebagian mahasiswa menilai aksi pemblokiran jalan dan juga kekerasan yang melekat pada mahasiswa yang baru belakangan terjadi dan lebih merupakan upaya untuk menarik perhatian masyarakat.

Karakteristik gerakan mahasiswa tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sosial secara keseluruhan. Nuansa kehidupan kampus pun identik sebagai cerminan kehidupan diluar. Bentrokan dengan aparat keamanan memang bukan hanya didominsi oleh geakan mahasiswa tetapi rakyat diluarpun bersemangat menyulutkan api perlawanan menghadapi aparat represifme negara dan pemilik modal.

Seperti halnya kita hidup dizaman dimana revolusi hanyalah berarti hasil rekayasa kelas profesional satu organisasi komunis yang merencanakan untuk menggulingkan sistem kapitalis dan mencoba menggantinya dengan sistem yang sama busuknya jika tidak lebih menindas dari yang ada sekarang. Dalam pengertian ini revolusi hanya menjadi lingkaran setan atau suatu pemberontakan tanpa orientasi yang hanya akan menguatkan posisi kelas penguasa baru yang akan menggantikan posisi penguasa lama. Anarki merupakan bentuk pemikiran politik yang tidak mencari keuntungan atau berusaha mengontrol orang lain lewat kekerasan. Anarki adalah penolakan akan kontrol negara dan representasi akan permintaan bagi individual untuk menghidupi pilihan hidupnya serta tidak lagi peduli pada segala manipulasi politik dengan penolakan pada kontrol maka hal tersebut tidak lain berarti tanggung jawab personal akan semua gangguan dan pelecehan yang dilakukan pemerintah. Dengan menolak untuk dikontrol, dia mengambil kembali hidupnya sendiri dan hal inilah yang disebut anarki karena anarki bukanlah chaos. Anarki adalah suatu keadaan dimana kita mengatur diri sendiri. Inilah keadaan anarki dan bukan suatu ajang chaos dimana semua orang melakukan apa yang mereka inginkan tanpa tanggung jawab. Anarki adalah suatu keadaan ketika individu-individu hidup bersama dalam kepercayaan dan penghormatan akan satu sama lain.

Tidak ada komentar: