berita

Source: http://www.amronbadriza.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2HGOAa7ZG

Rabu, 05 Maret 2014

Jokowi Bicara Pasar Bebas ASEAN 2015


Rabu, 18 September 2013 | 13:33 WIB 
 
Suasana Meeting of the Governoor and Majors of the Capitals of ASEAN di Dua Mutiara II Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta.
JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan Meeting of the Governors/Majors of the Capitals of ASEAN digelar untuk menyambut perdagangan bebas ASEAN di tahun 2015 mendatang. Kerja sama di bidang infrastruktur dan lainnya menjadi langkah yang wajib dilaksanakan antara 10 negara ASEAN tersebut.

"Satu visi, satu ide, satu masyarakat merupakan moto ASEAN. Pertemuan ini adalah langkah besar menuju Pasar Bebas 2015," ujar Jokowi dalam pidato sambutannya pada Rabu (18/9/2013).

Berdasarkan beberapa survei terhadap 2.200 responden yang tinggal di sejumlah negara ASEAN, sebanyak 76 persen kurang memahami tentang ASEAN sekaligus perannya. Adapun jumlah yang mengetahui ASEAN lebih tinggi adalah Indonesia.

Meski demikian, pengetahuan masyarakat Indonesia tentang peran ASEAN secara mendalam, relatif sama, yakni sekitar 80 persen. Dia berharap, pertemuan tersebut dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya peran "single market" negara ASEAN tersebut.

"Think global, act local, adalah paradigma yang cocok sekali untuk konteks itu. Menciptakan masa depan yang berkesinambungan adalah tugas bersama," ujar mantan Wali Kota Surakarta itu.

"Bagaimana kita bisa bekerja sama dalam keuntungan yang setara dan kompetisi sehat, bagaimana kita bisa saling dukung untuk bangun komunitas ASEAN," lanjut politisi PDI-Perjuangan tersebut.

Melalui pertemuan tersebut, lanjut Jokowi, selain dapat belajar bagaimana kepala daerah menyelesaikan masing-masing permasalahannya, juga sebagai pintu investasi asing di Jakarta, demikian pula sebaliknya. Investasi yang dilaksanakan antara lain infrastruktur, transportasi pariwisata, dan pendidikan.

Acara tersebut dihadiri oleh negara ASEAN, yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Tiap-tiap negara menyertakan 11 delegasi, yang satu di antaranya adalah kepala daerah. Hingga pukul 13.10 WIB, acara dilanjutkan dengan pertukaran pikiran antar-kepala daerah.

Tidak ada komentar: